Senin, 17 September 2012

Kosep Periodesasi Dalam Ilmu Sejarah

Macam-Macam Konsep Sejarah

1. Konsep Periodisasi Dalam Ilmu Sejarah

Periodisasi berarti tingkat pekembangan masa atau pembabakan suatu masa. Periodisasi dalam sejarah adalah tingkat perkembangan masa dalam sejarah atau pembabakan masa dalam sejarah. 

Pembabakan dilakukan karena rentang waktu atau masa sejak manusia ada hingga sekarang merupakan rentang yang sangat panjan sehingga para ahli atau sejarawan mengalami kesulitan untuk memahami maupun membahas masalah-masalah yang muncul dalam sejarah kehidupan manusia. 


Untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia, para ahli menyusun suatu periodesasi-periodesasi sejarah atau pembabakan-pembabakan masa sejarah.

Contoh Periodesasi Dalam Ilmu Sejarah

A. Periode Sejarah Eropa
  - Sejarah Eropa Purba
      
Pembahasan sejarah terfokus pada kehidupan dan perkembangan jenis-jenis manusia purba di eropa.

  - Sejarah Eropa Kuno
    
Pada periode ini pembahasan sejarah terfokus pada asal mula muncul dan perkembangan peradaban eropa kuno dengan fokus pembahasannya pada peradaban Yunani dan Romawi.

  - Sejarah Eropa Abad Pertengahan

Pebahasan sejarah terfokus pada keadaan Eropa setelah runtuhnya Romawi. Bahkan periode ini sering dikenal sebagai Zaman Kegelapan di Eropa dan juga besarnya pengaruh Gereja di segala bidang kehidupan masyarakat Eropa.

  - Sejarah Eropa Zaman Renaisans dan Humanisme
    
Masyarakat Eropa mulai menemukan jati dirinya dan tata cara kehidupan masyarakat Eropa semasa Yunani dan Romawi. Hak-hak asasi manusia mendapat perhatian khusus sehingga tindakan sewenang-wenang terhadap kehidupan manusia mulai terhindarkan.

  - Sejarah Eropa Baru

Kemajuan-kemajuan yang dicapai bangsa-bangsa Eropa setelah Revolusi Industri.

  - Sejarah Eropa Moderen
    
Berkembang sejak berakhirnya Perang Dunia II Hingga saat ini.

Periodisasi dalam sejarah dilakukan oleh masyarakat, bangsa atau negara di seluruh dunia. Periodisasi dalam sejarah ini juga dilakukan, karena pada setiap periode sejarah terdapat rangkaian-rangkaian peristiwa atau  kejadian dengan jumlah yang sangat banyak. 

Salah satu contohnya adalah periodisasi Eropa secara Utuh, maka dilakukan pembabakan atau periodisasi masa sejarah Eropa dengan fokus pembahasan masing-masing periode mempunyai ciri-ciri tersendiri.

Sementara itu, periodisasi sejarah Indonesia tidak dapat disamakan dengan periodisasi sejarah Eropa. Walaupun Di beberapa sisi ada yang memiliki kesamaannya. Oleh karena itu, cobalah lihat dan pahami periodesasi tentang sejarah Indonesia hingga sekarang ini.

Contoh-Contoh periodisasi diatas hanyalah merupakan garis-garis besar suatu masa atau Zaman sehingga masing-masing periodisasi tersebut masih dapat dikelompokkan dalam periodisasi-periodisasi yang  lebih kecil lagi.

0 komentar:

Posting Komentar